Beranda | Artikel
Biografi Ibnu Baththah
Jumat, 12 Maret 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Biografi Ibnu Baththah merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 23 Jumadal Akhirah 1442 H / 05 Februari 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Imam Ibnu Abi Zaid Al-Qairawani

Kajian Tentang Biografi Ibnu Baththah

Kita akan membahas salah satu dari kalangan Hanabilah. Di sini kita akan melihat bahwa meskipun mereka dalam istinbath al– ahkam mengikuti metode istinbath salah satu madzhba, baik itu Syafi’i, Maliki atau Hanbali, namun mereka tidak terdapat perselisihan/perbedaan di dalam Ushul I’tiqad yang mereka bahas.

Ini satu hal memperlihatkan bahwa -dalam persoalan aqidah- para ulama itu semuanya berjalan di atas manhaj salaf, menyerukan dan menyebarkan aqidah salaf kepada umat.

Ibnu Baththah

Ibnu Baththah memiliki karya yang monumental dalam kitab aqidah yang dikenal dengan nama Al-Ibanah (الإبانة عن شريعة الفرقة الناجية ومجانبة الفرق المذمومة), berisi penjelasan tentang syariah aqidah firqah najiyah dan menjauhi firqah yang dicela.

Pada kajian kali kita akan melihat bahwa aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah itu tidak terputus silsilahnya dan juga sekaligus apakah selama ini yang mereka tuduhkan bahwa orang-orang salafi itu adalah orang-orang yang fanatik dan aqidah mereka diambil dari Ibnu Taimiyah atuhkah mereka orang-orang yang mengikuti ulama-ulama sebelum Ibnu Taimiyah. Ini tuduhan-tuduhan fitnah yang perlu juga kita jawab.

Memang kita mengkaji dan juga membaca kitab-kitab para ulama, di antaranya Ibnu Taimiyah atau Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, tapi bukan berarti bahwa Ibnu Taimiyah itu adalah membawa suatu paham yang menyelisihi semua ulama sebagaimana yang dituduhkan oleh sebagian kelompok-kelompok yang anti dengan dakwah tauhid dan dakwah sunnah.

Oleh sebab itu, boleh dilacak apa paham yang baru yang tidak pernah dipahami oleh para sahabat, para tabi’in yang disebarkan oleh Ibnu Taimiyah atau Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab.

Siapa dan bagaimana pemahaman Ibnu Baththah? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49875-biografi-ibnu-baththah/